Dapat 0,5 Ton Sampah Plastik Dari Operasi Pohon Yang Terjerat Plastik

+
10 Views

Mojokerto (30/9). ECOTON bersama tim Operasi Pohon, Relawan Sungai Brantas, Dinas PUPR, BBWS Brantas, dan Pemkot Mojokerto menggelar Operasi Pohon dari jeratan sampah plastik. Tepatnya di bantaran sungai Porong, desa Kedung Mungal, Pungging, Mojokerto.

Tyas, anggota Relawan Sungai Brantas mengungkap bahwa ada 10 pohon yang dioperasi dan sampah yang didapat didominasi sampah plastik, “iya sampah yang didapat banyak sachetnya, kresek, tali-tali rafia.. kadang ngambilnya susah karena sudah melilit pohon” terang mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura ini.

 

Tim Melakukan Operasi Pohon Dari Jeratan Sampah Plastik di Sungai Porong, Mojokerto

Kholid koordinator kegiatan mengatakan bahwa kegiatan operasi pohon ini akan terus dilakukan, “kegiatan bersih-bersih pohon ini akan terus dilakukan, kalau bisa meluas di wilayah sungai Bengawan Solo juga” tegasnya.

Kholid menambahkan bahwa tujuan kegiatannya ini adalah untuk menyelamatkan Pohon-pohon yang dianggap penting melindungi lingkungan sungai. Hasil riset ECOTON 2021 bahwa sekitar 500 pohon terlilit plastik sekali pakai yang bisa mengakibatkan kematian pohon sehingga menghilangkan habitat/rumah satwa seperti ikan.

Sungai Porong, salah satu Sungai Strategis Nasional (Permen PU No.4.2015) yang harusnya menjadi perhatian lebih Pemerintah karena perannya vital untuk supply air minum dan jutaan orang bergantung sungai ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *