BRAND AUDIT

+
8 Views

Brand audit adalah kegiatan pendataan dan pengelompokan sampah plastik menurut merek perusahaan. Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui merek yang paling diminati masyarakat dan sampah plastik yang paling banyak dihasilkan, baik yang dapat didaur ulang maupun yang tidak dapat didaur ulang.

Sebelum melakukan Brand audit peserta membagi tugas untuk melakukan brand audit :

  1. Peserta mengumpulkan sampah plastik bermerk dari lokasi kegiatan dengan memakai pelindung diri dan dimasukan ke karung.
  2. Tuang karung yang berisi sampah plastik bermerk ke atas terpal.
  3. Peserta mempersiapkan Form Brand audit dan pencatatan merk.
  4. Hitung jumlah sampah setiap merk dan masukan total sampah setiap merk ke form brand audit.
  5. Masukan data brand audit ke dalam program Ms.Excel untuk diolah sehingga menjadi grafik data brand audit.

Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan Brand audit tergantung pada luas wilayah dan banyaknya sampah plastik bermerk. Namun rata-rata membutuhkan waktu 2 sampai 3 jam dan kegiatan ini lebih baik dilakukan musim kemarau.

Data brand audit bisa digunakan oleh komunitas/organisasi untuk meminta pertanggungjawaban produsen dalam pengelolaan sampahnya. Di Indonesia sesuai regulasi peraturan ini diatur dalam UUD Pengelolaan Sampah No.18 Tahun 2008.

https://ecoton.or.id/wp-content/uploads/2021/06/BFFP-Brand-Audit-Visual-Guide-Indonesia.pdf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *