5 Perempuan Pejuang Kali Surabaya Gugat 3 Perusahaan Besar Di Jawa Timur

+
4 Views

Surabaya (5/10) – Timbulan sampah di bantaran sungai Surabaya menggerakkan lima perempuan yang tergabung dalam PPKS (Perempuan Pejuang Kali Surabaya) melakukan gugatan kepada tiga perusahaan yakni, PT. Wings Surya, PT. Indofood Sukses Makmur, dan PT. Garuda Food Putra Putri Jaya. Acuhnya produsen terhadap timbulan sampah menjadi salah satu alasan kuat mereka untuk melakukan aksi di depan halaman Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.

Aksi di depan Pengadilan Negeri (PN) Surabaya oleh Perempuan Pejuang Kali Surabaya

Sofi, anggota dari PPKS mengatakan bahwa, tiga perusahaan tersebut merupakan polutan terbesar yang membuang sampahnya ke sungai. “Seharusnya mereka bertanggung jawab atas apa yang mereka keluarkan (produksi). Seharusnya mereka memiliki EPR (Extended Producer Responsibility)” tutur Sofi. Ia juga mengatakan bahwa, ketiga perusahaan tersebut dapat mencontoh perusahaan lain yang sudah menerapkan EPR dengan baik untuk menjaga kelestarian sungai.

Dalam gugatan yang mereka lakuan mereka menuntut kerugian sebanyak Rp. 800.000.000 (Delapan Ratus Juta Rupiah) kepada ketiga perusahaan terkait dan dua turut tergugat yakni, Kementrian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat dan Gubernur Jawa Timur. Uang tersebut nantinya akan dipergunakan untuk menyediakan: 1. Tempat sampah, 2. Papan informasi, dan 3. Jasa pengangkutan sampah.

Azis kuasa hukum yang mendampingi PPKS (Perempuan Pejuang Kali Surabaya) menjelaskan, hasil sidang kemarin hanya melakukan pemeriksaan berkas. Hal tersebut dikarenakan sidang pertama dari pihak tergugat hanya dihadari oleh penasihat hukum. “…sidang akan dilanjutkan kembali pada bulan November depan, hari senin pada tanggal 9 (Sembilan)” tutupnya. (Ano/Ecoton) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *