Sejarah Ecoton

Home Sejarah Ecoton
WELCOME TO ECOTON

SEJARAH dan PROFIL ECOTON

ECOTON berdiri tahun 1996 sebagai kelompok studi konservasi lahan basah Program Studi Biologi di UNAIR dan berbadan hukum di tahun 2000, karena rasa keprihatinan terhadap permasalahan lingkungan di Jawa Timur khususnya di Kali Surabaya. Banyak sekali pencemaran sungai yang terlihat nyata namun tidak ada tindakan apa-apa. Oleh karena itu ECOTON hadir untuk memulihkan lingkungan sungai agar tidak semakin tercemar.

VISI ECOTON

“TERWUJUDNYA KELESTARIAN KERAGAMAN HAYATI DAN KEBERLANJUTAN FUNGSI LINGKUNGAN HIDUP BAGI MANUSIA, MELALUI PENGELOLAAN EKOSISTEM SUNGAI DAN LAHAN BASAH YANG BERKEADILAN DAN PARTISIPATIF”

ECOTON berkeyakinan perubahan pengelolaan sungai yang berkeadilan antar generasi hanya akan dapat diraih dengan menempatkan partisipasi masyarakat sebagai ujung tombak perubahan. Masyarakat harus mendapatkan informasi dan porsi yang adil untuk bisa terlibat dalam pengelolaan sumber-sumber air. Untuk mendorong partisipasi masyarakat ECOTON memproduksi informasi-informasi terkait dengan potensi dan ancaram ekosistem sungai dan sumber-sumber air. Informasi ini lahir dari kajian, penelitian, eksplorasi data yang dilakukan ECOTON dengan tenaga peneliti yang profesional.

Terbangunnya sistem informasi dengan peran penting Media Massa seperti Koran, Radio, Televisi, Majalah, dan Media online akan membuat masyarakat mengetahui kondisi pengelolaan sumber air terkini pada gilirannya ECOTON mendorong masyarakat untuk membentuk komunitas-komunitas yang berperan aktif dalam pengawasan dan perencanaan, serta menjadi bagian penting dari pengelolaan sumber-sumber air.

Anak-anak menjadi bagian penting dari perubahan pengelolaan sungai yang berkeadilan antar generasi karena ECOTON meyakini anak adalah korban kerusakan lingkungan sungai yang disebabkan oleh perilaku dan keberpihakan kebijakan pada eksploitasi sumber-sumber air yang destruktif dan merampas hak generasi yang akan datang. Anak-anak bisa membuat perubahan sehingga anak-anak harus disadar tahukan tentang ketidakadilan pengelolaan sungai. Anak-anak harus dilibatkan untuk lebih bertanggung jawab dan berpartisipasi dalam pengelolaan sumber-sumber air.

ECOTON mengajak masyarakat untuk ikut terlibat aktif melestarikan dan memulihkan ekosistem sungai melalui kegiatan :

01.
Kajian ilmiah dengan metode partisipatif.
02.
Pendidikan generasi muda dan sekolah untuk menjadi bagian dari solusi lingkungan
03.
Melahirkan komunitas-komunitas masyarakat yang menjadi pelindung dan pelestari sungai dan sumber-sumber air
04.
Mendorong perubahan kebijakan agar pro terhadap pengelolaan ekosistem sungai yang berkeadilan antar generasi. Kegiatan utama berfokus pada upaya pemulihan dan pelestarian Kali Brantas